BAFTA Games Awards 2023 Catatkan Sejarah Kemenangan Game Indie atas Game AAA

BAFTA Games Awards 2023: Momen Kemenangan Game Indie atas Game AAA

Beberapa waktu lalu industri game sempat mendapatkan berita yang cukup mengejutkan di sebuah acara award yang berasal dari Inggris yang bertajuk BAFTA Games Awards 2023.

BAFTA (British Academy of Films and Television Awards) merupakan sebuah ajang penghargaan yang sangat terkemuka di Britania Raya dan salah satu penghargaannya meliputi bidang Video Games.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas setiap nominasi penghargaan yang ada pada penghargaan kali ini. Mari kita lihat satu per satu!

Kategori Animation

Kategori ini sudah pasti menjadi salah satu kategori yang sudah umum di dalam berbagai penghargaan tentang video gim dan pemenang dari kategori ini tidak lain dan tidak bukan adalah GOD OF WAR RAGNARÖK yang berhasil mengalahkan para nominee lainnya yang tidak kalah kemampuan dalam animasinya.

Berikut ini adalah seluruh nominasi dari kategori Animation:

  • [Pemenang] GOD OF WAR RAGNARÖK Bruno Velazquez, Erica Pinto, Mehdi Yssef – Santa Monica Studio/Sony Interactive Entertainment
  • CALL OF DUTY: MODERN WARFARE II Mark Grigsby, Bruce Ferris, Khoa Le – Infinity Ward/Activision Publishing, Inc.
  • HORIZON FORBIDDEN WEST Development Team – Guerrilla/Sony Interactive Entertainment
  • LEGO STAR WARS: THE SKYWALKER SAGA Development Team – TT Games/Warner Bros. Interactive Entertainment
  • SIFU Development Team – Sloclap/Sloclap & Kepler Interactive
  • STRAY Jophray Mikolajczyk, Jean-Marie Vouillon, Simon Jacquart – BlueTwelve Studio/Annapurna Interactive

Kategori Artistic Achievement

Selain sisi animasi, ada juga nominasi mengenai pencapaian artistik dalam video game. Para nominasi ini memiliki kemampuan untuk menyampaikan cerita dari gim dengan dukungan artwork yang unik. Kategori ini pun dimenangkan oleh game TUNIC.

Berikut ini adalah seluruh nominasi dari kategori Artistic Achievement:

  • [Pemenang] TUNIC Development Team – TUNIC Team/FINJI
  • A PLAGUE TALE: REQUIEM Development Team – Asobo Studio/Focus Entertainment
  • ELDEN RING Development Team – FromSoftware/BANDAI NAMCO Europe
  • GOD OF WAR RAGNARÖK Raf Grassetti, Dan McKim, Eric Valdes – Santa Monica Studio/Sony Interactive Entertainment
  • IMMORTALITY Doug Potts, Stephanie Reese, Kerry Hennessy – Half Mermaid Productions/Half Mermaid Productions
  • PENTIMENT Hannah Kennedy, Soojin Paek – Obsidian Entertainment/Xbox Game Studio

Kategori Audio Achievement

Tidak hanya visual, pengembangan suara juga dipertimbangkan dalam penghargaan ini. Kemampuan para developer untuk menyampaikan atmosfer, suasana, ambiens, dan hal lainnya dalam gim mereka dan mengembangkannya dalam level yang berbeda diuji dalam nominasi ini dan sekali lagi, pemenang dari nominasi ini datang dari GOD OF WAR RAGNARÖK.

Berikut ini adalah seluruh nominasi dari kategori Audio Achievement:

  • [Pemenang] GOD OF WAR RAGNARÖK Jodie Kupsco, Michael Kent, Sean LaValle – Santa Monica Studio/Sony Interactive Entertainment
  • A PLAGUE TALE: REQUIEM Development Team – Asobo Studio/Focus Entertainment
  • HORIZON FORBIDDEN WEST Development Team – Guerrilla/Sony Interactive Entertainment
  • METAL: HELLSINGER Elvira Björkman, Nicklas Hjertberg – The Outsiders/Funcom Oslo AS
  • STRAY Development Team – BlueTwelve Studio/Annapurna Interactive
  • TUNIC Development Team – TUNIC Team/FINJI

Kategori Best Game

Yep, ini dia nominasi yang mungkin sudah kalian tunggu-tunggu. Sebuah nominasi dimana sebuah sejarah berhasil menunjukkan bahwa untuk menjadi sebuah game yang “terbaik” itu bukan selalu tentang budget, tapi juga tentang bagaimana bisa menjadi game yang bisa dinikmati oleh setiap pemainnya dan berkembang bersama para pemainnya.

Mengapa penulis sebut demikian? Sebab pemenang dari game ini tidak lain dan tidak bukan adalah game yang sangat sensasional di tahun pertama perilisannya hingga berhasil melahirkan sebuah genre tersendiri yaitu Vampire Survivors.

Nominasi ini termasuk menjadi sejarah besar karena game yang dilawan juga bukanlah game yang main-main seperti Elden Ring yang juga merupakan sensasi besar dan God of War Ragnarök yang juga merupakan nominee yang tidak dianggap sebelah mata lagi keberadaannya dan sejarahnya dalam perkembangan video gim beserta publisher-nya yang sudah sangat terkenal di dalam sejarah industri gim.

Berikut ini adalah seluruh nominasi dari kategori Best Game:

  • [Pemenang] VAMPIRE SURVIVORS Development Team – poncle/poncle
  • CULT OF THE LAMB Development Team – Massive Monster/Devolver Digital
  • ELDEN RING Development Team – FromSoftware/BANDAI NAMCO Europe
  • GOD OF WAR RAGNARÖK Eric Williams, Chad Cox, Yumi Yang – Santa Monica Studio/Sony Interactive Entertainment
  • MARVEL SNAP Development Team – Second Dinner Studios/Nuverse
  • STRAY Development Team – BlueTwelve Studio/Annapurna Interactive

Kategori British Game

Ini merupakan salah satu kategori yang kedengaran cukup unik. Seperti namanya, kategori British Game merupakan sebuah kategori yang berisikan tim developer yang kebanyakan dari timnya merupakan orang Inggris dan dipimpin oleh orang yang berasal dari Britania Raya.

Untuk kategori ini dimenangkan oleh Rollerdome, dimana tim developer-nya tidak menduga sama sekali kalau mereka akan menang dan tidak sempat membuat pidato kemenangan tapi tetap memberikan pidato yang penuh sukacita.

Mirip dengan kasus kategori Best Game, kategori ini juga banyak yang mungkin menyangka Vampire Survivors akan memenangkannya, akan tetapi diluar dugaan pemenangnya merupakan Rollerdome, bahkan tim dari developer-nya sendiri mengatakan demikian.

Di samping itu, kebanyakan nominee dari kategori ini merupakan developer game Indie.

Berikut ini adalah seluruh nominasi dari kategori British Game:

Kategori Debut Game

Kalian mungkin berpikir kalau kategori ini mirip dengan game yang baru rilis alias kategori Newcomer, akan tetapi kategori ini merupakan kategori mengenai penghargaan kepada para developer tentang game yang mengantarkan mereka ke industri video gim dan dengan demikian disebut “Debut Game”.

Kategori ini dimenangkan oleh tim developer TUNIC dan menjadi penghargaan kedua mereka pada malam itu dan berhasil membuat pialanya saling berciuman.

Yang perlu diperhatikan dari kategori ini ialah, seluruh nominee memiliki rating diatas 90% di Steam dan kebanyakan memiliki rating Overwhelmingly Positive, so game di kategori ini layak kamu coba gimnya!

  • [Pemenang] TUNIC Development Team – TUNIC Team/FINJI
  • AS DUSK FALLS Caroline Marchal, Charu Desodt – INTERIOR/NIGHT/Xbox Game Studios
  • THE CASE OF THE GOLDEN IDOL Andrejs Klavins, Ernests Klavins – Color Gray Games/Playstack
  • STRAY Development Team – BlueTwelve Studio/Annapurna Interactive
  • TROMBONE CHAMP Development Team – Holy Wow Studios/ Holy Wow Studios

Kategori Evolving Game

Kategori ini berisikan para nominasi yang berusaha untuk mengembangkan game mereka baik dari grafis, storyline/plot, world building, character development, dan lain sebagainya di dalam perkembangannya selama bertahun-tahun hingga menjadi produk yang terus memiliki konten dan cara bermain yang tetap fresh. Kategori ini pun dimenangkan oleh FINAL FANTASY XIV ONLINE.

Selain FFXIV Online, nominee lainnya seperti Dreams yang merupakan sebuah “game engine” dalam sebuah game juga sebuah gim yang bisa kamu coba kalau kamu punya PSVR dan PS4 (yep, mungkin ini yang membuat Dreams tidak begitu banyak terekspos dalam general public).

Untuk nominasi lainnya, sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi bagaimana baiknya mereka sudah berkembang selama ini hingga menjadi seperti sekarang.

Kategori Family

Seperti namanya, kategori ini berisikan para nominasi yang dianggap dapat dinikmati oleh audiens keluarga baik secara individual maupun kelompok. Kategori ini terbuka bagi para gim yang memiliki rating PEGI untuk anak di bawah 12 tahun.

Kategori ini berhasil dimenangkan oleh Kirby and The Forgotten Land.

Kategori Game Beyond Entertainment

Ini mungkin salah satu kategori yang ingin saya highlight dari artikel kali ini, karena kategori ini berisikan para gim yang tidak hanya membahas tentang entertainment saja, akan tetapi gim dalam kategori ini membahas tentang isu-isu yang layak untuk dibahas secara global tapi dikemas dalam bentuk sebuah gim untuk dapat “dinikmati” sehingga para pemainnya dapat lebih mengerti dan ikut serta dalam isu yang dibahas tersebut. Kategori ini dimenangkan oleh ENDLING – EXTINCTION IS FOREVER.

Kategori ini berisikan gim naratif yang dibangun baik secara teks maupun aksi. Semua gim yang ada di dalam kategori ini memiliki waktu bermain yang singkat jadi cocok buat kamu yang ingin mencoba gim yang tidak terlalu memakan waktu kamu atau mau mencari sebuah petualangan atau menonton sebuah penampilan dimana kamu sebagai bagian dari penampilan tersebut.

Not For Broadcast berisikan gim yang membahas tentang isu censorship dalam pertelevisian, Citizen Sleeper membahas tentang menjadi bagian dari komunitas pekerja di stasiun luar angkasa beserta intriknya baik dari segi sosial maupun psikis.

I was a Teenage Colonist memiliki plot yang serupa juga namun dengan setting terdampar di sebuah planet antah berantah dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan koloni.

Sedangkan We’ll Always Have Paris membahas mengenai hidup sebagai seorang yang memiliki masalah dengan ingatannya dan berusaha untuk mendapatkan ingatannya kembali

Kategori Game Design

Kategori yang satu ini membahas mengenai bagaimana suatu gim mampu membawa pemainnya untuk masuk lebih dalam ke gimnya dan membuat pemainnya terpikat akan gim tersebut. Bagian yang dibahas dalam kategori ini meliputi mechanics, pacing, kontrol dari gim, world building dan pacing.

Kategori ini dimenangkan oleh Tim Developer Vampire Survivors.

Sebelum akhirnya memenangkan Best Game, Vampire Survivors berhasil memenangkan kategori Game Design dan mengalahkan para pesaingnya ini dimana hampir semua nominee dari kategori ini merupakan pemenang dari kategori lainnya dalam acara ini.

  • [Pemenang] VAMPIRE SURVIVORS Development Team – poncle/poncle
  • CULT OF THE LAMB Development Team – Massive Monster/Devolver Digital
  • ELDEN RING Development Team – FromSoftware/BANDAI NAMCO Europe
  • GOD OF WAR RAGNARÖK Jason McDonald, Andrew Chrysafidis, Luis Sanchez – Santa Monica Studio/Sony Interactive Entertainment
  • HORIZON FORBIDDEN WEST Development Team – Guerrilla/Sony Interactive Entertainment
  • TUNIC Development Team – TUNIC Team/FINJI

Kategori Multiplayer

Kategori ini membahas mengenai gim yang memberikan pengalaman terbaik bagi para pemainnya secara multiplayer baik itu offline maupun online, gim yang bersifat kompetitif maupun kooperatif.

Kategori ini berhasil dimenangkan oleh Elden Ring.

Kategori Music

Kategori ini membahas mengenai bagaimana sempurnanya komposisi dari musik dalam sebuah gim baik itu musik original maupun kemampuan kreatif dalam menggunakan trek berlisensi.

Penghargaan ini diberikan kepada tim komposer, developer dan publisher dari gim yang berhasil memenangkan kategori ini.

Kategori ini berhasil dimenangkan oleh tim God of War Ragnarök.

Kategori Narrative

Kategori ini merupakan penghargaan yang diberikan dalam membahas kemampuan terbaik sebuah gim untuk menyampaikan sebuah cerita dalam sebuah gim dan memikat para pemainnya untuk dapat dinikmati.

Penghargaan ini sendiri diberikan kepada tim penulis, developer dan publisher dari gim yang berhasil memenangkan kategori ini.

Kategori ini berhasil dimenangkan oleh tim Sam Barlow dan Natalie Watson untuk gim Immortality.

  • [Pemenang] IMMORTALITY Sam Barlow, Amelia Gray, Allan Scott – Half Mermaid Productions/Half Mermaid Productions
  • A PLAGUE TALE: REQUIEM Writing Team – Asobo Studio/Focus Entertainment
  • CITIZEN SLEEPER Gareth Damian Martin – Jump Over the Age/Fellow Traveller
  • GOD OF WAR RAGNARÖK Matt Sophos, Richard Gaubert – Santa Monica Studio/Sony Interactive Entertainment
  • PENTIMENT Josh Sawyer, Kate Dollarhyde, Zoe Franznick – Obsidian Entertainment/Xbox Game Studio
  • STRAY Writing Team – BlueTwelve Studio/Annapurna Interactive

Kategori Original Property

Kategori ini memberikan penghargaan bagi sebuah game yang bukan merupakan bagian dari sebuah serial gim dan merupakan sebuah IP baru. Pada awal penghargaannya sempat disebut sebagai kategori Originality sebelum akhirnya diganti menjadi Original Property.

Kategori ini dimenangkan oleh Elden Ring yang ditujukan pada Hidetaka Miyazaki.

Mungkin banyak yang berpikir kalau Elden Ring bukan sebuah IP baru melainkan sebuah spin-off dari genre Souls-like dari developer gim yang sama.

Akan tetapi kalau kita pikir lagi, Elden Ring merupakan sebuah universe tersendiri yang berhasil membuat world building yang baik yang memisahkan dirinya dari para “pendahulunya”.

Berikut ini merupakan para finalis kategori Original Property:

  • [Pemenang] ELDEN RING Development Team – FromSoftware/BANDAI NAMCO Europe
  • CITIZEN SLEEPER Gareth Damian Martin, Guillaume Singelin, Amos Roddy – Jump Over the Age/Fellow Traveller
  • CULT OF THE LAMB Development Team – Massive Monster/Devolver Digital
  • SIFU Development Team – Sloclap/Sloclap & Kepler Interactive
  • STRAY Development Team – BlueTwelve Studio/Annapurna Interactive
  • VAMPIRE SURVIVORS Development Team – poncle/poncle

Kategori Performer in a Leading Role

Kategori ini membahas mengenai kemampuan seseorang dalam memerankan karakter mereka baik dari seni suara sampai ke motion capture dan memimpin cerita dari gim sebagai karakter utama.

Kategori ini dimenangkan oleh Chris Judge untuk perannya sebagai Kratos dalam God of War.

You have more in common than what separates you. no matter what platform you love, no matter what game you love, you still a part of the gaming community and give each other a break 

– Chris judge

Meskipun sempat hampir menolak melakukan role ini sebelumnya seperti yang pernah disampaikannya di dalam sebuah interview, perannya sebagai Kratos dalam serial Next Gen dari God of War terbukti mampu menorehkan bekas jejak yang cukup besar dalam dunia industri game.

Kategori Performer in a Supporting Role

Kategori ini mirip dengan kategori sebelumnya, akan tetapi kali ini ditujukan bagi para insan yang berhasil menjadi karakter pembantu yang membuat cerita menjadi lebih hidup dengan kehadirannya dalam menyampaikan cerita.

Kategori ini dimenangkan oleh Laya Hayes untuk perannya sebagai Angrboða dalam gim God of War Ragnarok.

Mungkin kategori ini dianggap sedikit tidak adil karena kebanyakan nominee-nya merupakan para pengisi suara dari gim God of War Ragnarök.

Akan tetapi kalau kita lihat dari sudut pandang berbeda, ini membuktikan kalau peran para pemain di dalam gim tersebut cukup signifikan sehingga membuat orang tetap ingat peran mereka di dalam gim dan membekas di ingatan para pemainnya.

Kategori Technical Achievement

Kategori ini membahas mengenai inovasi terbaik dalam gameplay dan teknologi di dalam sebuah video gim.

Kategori ini dimenangkan oleh Horizon Forbidden West.

  • [Pemenang] HORIZON FORBIDDEN WEST Development Team – Guerrilla/Sony Interactive Entertainment
  • ELDEN RING Development Team – FromSoftware/BANDAI NAMCO Europe
  • GOD OF WAR RAGNARÖK Josh Hobson, Jon Burke – Santa Monica Studio/Sony Interactive Entertainment
  • IMMORTALITY Connor Carson, Lizi Attwood, Dylan Nelkin – Half Mermaid Productions/Half Mermaid Productions
  • THE LAST OF US PART I Development Team – Naughty Dog/Sony Interactive Entertainment
  • STRAY Development Team – BlueTwelve Studio/Annapurna Interactive

Kategori EE Game of The Year

BAFTA bekerja sama dengan EE, salah satu operator seluler dan jaringan terkemuka  yang dianggap BAFTA sebagai “UK’s number one network for gaming” membuat sebuah kategori dan satu-satunya kategori yang dapat di-vote secara publik oleh rakyat Britania Raya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kategori ini, kamu bisa klik di sini.

Mengapa Membahas Ini?

Salah satu alasan dibalik penulis ingin membahas ini dikarenakan penghargaan ini yang memberikan penghargaan secara spesifik terhadap para pelakunya.

Jikalau kamu memperhatikan lagi daftar nominasinya, setelah nama game selalu terdapat nama orang/tim yang dimaksud dalam nominasi tersebut, lalu setelahnya disebutkan studio developer/publisher-nya

Lalu dengan artikel ini, penulis juga sengaja memberikan hyperlink kepada setiap pihak / nominee agar para pembaca bisa mengetahui lebih lanjut mengenai para pihak / nominee dan mengenal lebih lanjut baik itu persona, perusahaan maupun gim.

Alasan lainnya ialah karena penghargaan ini berisikan hal-hal yang tergolong unik. Seperti pemenang yang mungkin tidak pernah terduga, kategori yang tidak semuanya umum dibahas, dan eksposur yang diberikannya terhadap para nominee.

So, jikalau kamu seorang inspiring game developer, tidak ada yang tidak mungkin. Tidak perlu terlalu banyak membahas mengenai bagaimana gim kamu bisa dibeli banyak orang dan menguntungkan karena terkadang gim yang dapat dinikmati para pemainnya lebih baik daripada gim yang memiliki promosi terbaik (i’m looking at your early marketing, No Man’s Sky!), so keep going ahead.

Dan untuk para pemain gim, teruslah bermain. Setiap harinya akan muncul gim baru, inovasi baru yang membuatmu takjub.

Akan tetapi seperti quote dari Chris Judge sebelumnya, kita semua adalah bagian dari sebuah gaming community yang besar.

Terlepas dari segala perbedaan kita, marilah kita dukung gim beserta industri kesayangan kita agar dapat terus menjadi sebuah industri tempat kita berkumpul dan menjadi sebuah komunitas yang besar.

We may be players, but at times, we shape them to our liking or need.

[embedded content]

Untuk kamu yang ingin menyaksikan acaranya secara penuh, kamu bisa mengunjungi channel Twitch BAFTA.